Harley-Davidson 338 Cc Buatan China 'Rebutan' di Indonesia
Kerjasama yang ditandatangani prinsipal Harley-Davidson dan Qianjiang Motorcycle (Benelli) menjadi sorotan perwakilan kedua merek tersebut di Indonesia. Keduanya dinamakan punya kemauan mendistribusikan produk hasil kerja sama tersebut di dalam negeri.
Seperti diketahui, Harley-Davidson dan Qianjiang Motorcycle sudah meneken kesepakatan bisnis menciptakan sepeda motor Harley-Davidson dengan mesin 338 cc. Motor tersebut rencananya akan diproduksi dan dipasarkan di China serta dijual ke negara Asia lainnya.
Buat Harley-Davidson, motor berkapasitas mesin kecil bisa buat perusahaan asal Amerika Serikat ini mencapai pasar yang belum terjamah sebelumnya. Sementara guna Qianjiang Motorcycle, memproduksi motor Harley-Davidson berarti pengetahuan baru dan pun meyakinkan ketersediaan volume produksi.
Pemegang brand Benelli di dalam negeri, Benelli Motor Indonesia (BMI), menyampaikan, telah bertemu penyalur Harley-Davidson, Anak Elang dan Nusantara, guna membahas masa mendatang motor 338 cc.
Direktur BMI Steven Kentjana Putra menuliskan kedua penyalur Harley-Davidson tersebut mengklaim punya 'hak' menyalurkan motor 338 cc tersebut usai mulai dijual global.
Motor 338 cc tersebut rencananya akan diluncurkan guna pasar China pada 2020, kemudian pada akhir tahun mengarah ke pasar global. Harley Davidson rencananya akan memanfaatkan pabrik Benelli di Wenling, China.
"Tapi orang Harley udah ketemuin saya di GIIAS. Pak ini penyaluran mana. Mereka mengklaim penyaluran harus lewat Harley. Saya bilang no problem," kata Steven di area Jakarta Pusat sejumlah waktu lalu.
Di China, Steven menuliskan motor 338 cc memang akan dipasarkan melewati jaringan sah Harley-Davidson. Namun dari penelusurannya, dealer Benelli pun mempunyai hak untuk menjual motor tersebut secara global.
"Kemarin saya terdapat info, dealer Benelli punya hak bila mau jual. Tapi untuk saya yang urgen produknya terdapat dulu. Kami tahu bahwa ini motor memang harganya pun terjangkau," ungkap Steven.
Steven mengatakan andai motor tersebut sampai Indonesia, tahap mula pasti didatangkan dengan skema completely build up (CBU). Namun tersebut bisa pulang menjadi rakitan lokal demi mengurangi harga jual melewati perakitan di pabrik Benelli yang terletak di Gunung Putri, Jawa Barat.
"Karena seluruh mereka rakit di Benelli China. Dan kami dapat rakit di sini bila mau memang mempertimbangkan harga kompetitif,"