Adu Dimensi Renault Triber Vs Calya-Sigra dan Datsun Go+, Siapa Unggul?
Kehadiran Renault Triber menyerahkan pilihan untuk calon konsumen mobil 7-seaters. Tak melulu calon pembeli LMPV, konsumen yang membidik LCGC pun bakal melirik Renault Triber sebab harganya yang bersinggungan.
Di samping harga, soal dimensi pun patut dikomparasi, layaknya mobil pengangkut keluarga. Ukuran Triber memang tak sebesar banyak sekali LMPV, lebih pas diadu dengan LCGC 7-seater. Berbekal panjang bodi tak hingga 4 meter, apakah Triber punya dimensi yang kalah dari kompetitor?
Sekilas pandang, Triber memang tak terlampau besar. Membenarkan bila panjangnya tak hingga 4 meter. Bekal dimensi, 3.990 x 1.739 x 1.643 mm (PxLxT). Hanya tidak banyak lebih panjang dari city car Honda Jazz (3.955 mm). Di antara pesaingnya, Triber kalah panjang. Datsun GO+ hanya unggul tipis, dengan 3.995 x 1.636 x 1.507 mm. Sedang Toyota Calya - Daihatsu Sigra 4.070 x 1.655 x 1.600 mm. Jelas Calya Sigra menang bila adu panjang dimensi bodi.
Namun apakah tersebut menjamin kabin Calya Sigra sangat luas? Tidak juga. Masih terdapat jarak sumbu roda yang signifikan memengaruhi rangkaian kabin. Ini penting. Lantaran untuk merangkai tiga baris, perlu penataan kabin yang baik, sehingga dapat lebih terasa lapang. Sektor ini, Triber juaranya. Ia punya wheelbase 2.636 mm. Datsun GO+ hanya 2.450 mm dan Calya Sigra 2.525 mm. Kalau pernah menikmati jadi penumpang di GO+, Calya dan Sigra, akan kaget saat menginjak kabin Triber.
Mungkin tak signifikan guna baris ketiga. Tapi baris kesatu dan kedua, Renault Triber sangat dapat dinikmati. Apalagi kursi baris kedua, menyokong reclining dan sliding. Bisa digeser maju dan mundur guna sandaran dan dudukannya. Berarti, kelapangan kaki penumpang baris kedua dapat lebih terjamin. http://68.183.232.134/
Dimensi Lebar
Tambahkan lagi dengan dimensi lebar Triber yang unggul salah satu pesaing LCGC. Menjamin penumpang baris belakang tak terlampau berimpitan ketika terisi penuh. Begitu juga soal tinggi, Triber unggul ketimbang GO+ dan Calya-Sigra. Itu jadi garansi kabin Triber punya ruang kepala lapang, tak buat mentok ke plafon.
Tata ruang kabin dimanfaatkan optimal oleh Renault. Di samping reclining dan sliding, kursi baris kedua Triber menyokong pelipatan 40:60. Fungsinya, menambah kepraktisan kabin saat perlu ruang ekstra. Dikombinasikan dengan kursi baris ketiga easyfix, yang dapat dilipat 50:50 dan dilepas terpisah. Alhasil, faedah memuat kargo bertambah drastis. Diklaim, Triber punya daya muat 84 liter ketika semua kursi ditegakkan. Bertambah jadi 320 liter ketika konfigurasi 6-seater (dilipat satu) dan 625 liter guna 5-seater.
Konfigurasi Jok
Calya dan Sigra serupa Triber. Kursi baris keduanya dapat dilipat 40:60, reclining dan sliding. Sedang guna baris ketiga menyatu antar-sandarannya. Sementara GO+ sangat minim, dengan sandaran kursi baris kedua menyatu semua. Begitu pun baris ketiga. Jadi tak dapat dilipat terpisah.