Mobil Terendam Banjir Bisa Diganti Baru, Ini Syaratnya
Ludoqq Domino99 - Banjir tak hanya merendam mobil, namun termasuk menghanyutkannya dengan arus yang deras. Potensi kerusakan mobil yang terseret air banjir tentu lebih besar.
Pemilik mobil tetap mampu bernapas lega jikalau perbaikan kendaraan ditanggung asuransi. Akan lebih mengasyikkan jikalau mereka mampu meraih ganti mobil baru.
“ Untuk masalah banjir dan bencana alam, pelanggan perlu membawa perluasan jaminan terhadap risiko tersebut. Jika tak tersedia perluasan jaminan, klaim tidak dapat di-cover,” kata Communication and Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto, kepada Liputan6.com, Kamis 9 Januari 2020.
Iwan menyebutkan pemilik kendaraan mampu meraih mobil baru dengan syarat yang sudah ditetapkan. Salah satu syaratnya adalah lolos survei yang dijalankan oleh pihak asuransi.
Dia menjelaskan, keseluruhan loss adalah penjaminan untuk kehilangan atau suasana dengan cost perbaikan di atas atau sama dengan 75 prosen berasal dari harga pertanggungan.
Mobil yang terendam dengan analisis hingga atap dan di atas dashboard mungkin besar mampu meraih perlindungan keseluruhan loss. " Namun balik ulang perlu cocok survey dan estimasi perbaikan berasal dari bengkel. Jika cocok persyaratan tadi, maka mampu di-cover Total Loss," kata dia.
Apabila sudah mencukupi syarat, perubahan yang dijalankan pihak asuransi bukan bersifat mobil baru melainkan duwit tunai cocok ketentuan yang berlaku.
Iwan menyebutkan penggantian ini bersifat duwit tunai. “ Mobil anda hanya one and only di dunia. Kami tak mampu berikan yang sesuai. Oleh maka dari itu diberikan dana saja untuk membeli yang baru,” kata dia.
" Penggantiannya dalam wujud uang. Mobil anda hanya one and only di dunia, kita tak mampu berikan yang sesuai, oleh maka dari itu diberikan dana saja membuat membeli yang baru," kata Iwan.
Khusus pembelian secara kredit, pemilik kendaraan mampu berkoordinasi dengan pihak leasing.
" Untuk yang kredit. Penggantian dapat berikan ke pihak leasing ya. Karena yang berurusan dengan kepemilikan adalah leasing dengan nasabahnya," kata dia.
Banjir yang merendam Jakarta dan sekitarnya tak hanya menyebabkan kerusakan rumah, namun termasuk kendaraan. Saat mobil kebanjiran, cara pertama yang perlu dijalankan adalah segera memperbaikinya ke bengkel.
Sahabat Dream, bahkan yang jadi peserta asuransi kendaraan all risk, jangan coba-coba memperbaikinya sendiri.
Mengutip keterangan tertulis Daihatsu yang diterima Dream, Rabu 8 Januari 2020, anggota mobil yang pertama perlu diperhatikan pasca banjir adalah komponen kelistrikan, apabila ECU, relay, dan junction block.
Komponen kelistrikan jadi perhatian karena umumnya jadi anggota yang terendam banjir.
Hal pertama yang perlu dihindari oleh pemilik kendaraan adalah menyalakan mobil sehabis terendam banjir. Tindakan ini hanya dapat membawa dampak terjadinya kosleting atau kerusakan serius terhadap komponen elektrikal mobil. Kamu perlu meyakinkan suasana komponen elektrikal kering seluruhnya waktu ingin menyalakan mobil.
Jika komponen kelistrikan dipastikan aman, cara seterusnya adalah perhatikan anggota interior layaknya karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Bersihkan secara menyeluruh jadi berasal dari area mesin, kabin, bagasi, hingga saringan hawa AC.
Pembersihan ini dijalankan untuk mencegah penumpukan kotoran, jamur, aroma tak sedap, dan terhindar berasal dari serangga yang masuk ke dalam kabin.
Jangan lupa untuk memperbaiki komponen eksterior layaknya dent atau baret terhadap panel bodi. Bagian ini terkena efek tingginya air banjir. Bisa saja banjir menyebabkan kerusakan estetika mobil.
Kalau memerlukan evakuasi kendaraan, anda perlu meyakinkan type transmisi terhadap mobil untuk menekan kerusakan. Mobil transmisi manual dan otomatis memerlukan perlakuan yang berbeda.
Untuk transmisi kendaraan manual mampu dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan, tertentu transmisi kendaraan otomatis, mobil perlu digendong untuk menjauhkan kerusakan karena tidak terdapatnya pelumasan.
Para pemilik kendaraan bermotor yang jadi korban banjir awal th. 2020 tentu waktu ini pusing tujuh keliling dengan suasana mobil atau sepeda motor mereka yang terendam air. Terbayang cost hingga ratusan ribu atau jutaan rupiah untuk membawa dampak kendaraan ulang normal layaknya sedia kala.
Melihat banyak pemilik kendaraan yang jadi korban banjir, Daihatsu menawarkan promo perawatan dan perbaikan kendaraan lewat “ Daihatsu Peduli Banjir”.
“ Semoga program ini mampu meringankan beban pelanggan yang terdampak banjir, agar kendaraannya mampu ulang sempurna dan beraktivitas layaknya sedia kala,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip berasal dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 7 Januari 2020.
Promo yang berlaku sepanjang dua bulan jadi 2 Januari-29 Februari 2020 ini berlaku di semua bengkel Daihatsu di Jabodetabek. Pemilik kendaraan Daihatsu mampu memeriksakan kendaraannya secara gratis.
Ada termasuk manfaat-manfaat yang diberikan, yaitu discount 15 prosen untuk layanan jasa, spare part, dan oli, discount 20 prosen untuk pembersihan kabin, dan discount 20 prosen untuk layanan salon mobil.
Pelanggan yang tak mampu mampir langsung, mampu menghubungi bengkel Daihatsu terdekat. ADM termasuk mehyiapkan layanan layanan panggilan darurat 24 jam lewat call center Astra World 1500898. Pemilik Daihatsu pemegang polis Asuransi Astra mampu menghubungi 1500112.
“ Kami siap membantu pelanggan yang membantu perbaikan kendaraan pasca banjir,” kata dia.
Banjir besar yang melanda Jabodetabek tak hanya membawa dampak rumah terendam dan membawa dampak arus pengungsian. Warga yang memiliki kendaraan termasuk perlu pusing dua kali karena mobil atau sepeda motor mereka terendam air banjir.
Air yang merendam hingga ke anggota mesin mampu membawa dampak mobil jadi soak. Mereka yang terdaftar sebagai peserta asuransi kendaraan tentu mampu sedikit lega. Namun apakah peserta polis ini mampu segera meraih klaim asuransi?
Chief Executive Officer PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), Julian Noor, menyebutkan pelanggan mampu mengalihkan risiko banjir kepada pihak asuransi. Asalkan, pelanggan memperluas manfaat asuransi dengan jaminan perluasan banjir.
“ Berkaitan dengan musibah kali ini, Adira Insurance memiliki product yang mampu dilindungi berasal dari risiko banjir layaknya asuransi kendaraan baik mobil (Autocillin) maupun motor (Motopro), lantas asuransi properti layaknya rumah tinggal (Home Insurance) maupun ruko (Arthacillin),” kata Julian di Jakarta dikutip berasal dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 3 Januari 2020.
Dia menyebutkan pelanggan mampu mengajukan klaim mobil yang kebanjiran dengan mudah. Untuk pelanggan Autocilin, klaim mampu dijalankan lewat Autocilin Mobile Claim Application.
Pelanggan cukup memotret kerusakan kendaraan dan melaporkan kerusakan mobilnya lewat aplikasi di mana saja dan kapan saja.
Dia menyebutkan klaim berlaku bagi pemegang polis yang sudah memperluas jaminan risiko banjir. Tak semua asuransi kendaran dan properti diperluas dengan cover risiko banjir. Pelanggan termasuk perlu meyakinkan belanja perluasan jaminan yang diakibatkan oleh banjir.
“ Pelanggan perlu mengetahui mengisi berasal dari polis asuransi agar tidak berjalan kesalahpahaman dalam berasuransi,” kata dia.
Apalagi, lanjut Julian, dalam banjir kali ini, banyak mobil yang diparkir di rumah dan ternyata kebanjiran. Ini mampu saja dicover oleh asuransi. “ Tapi, senantiasa haru tersedia perluasan banjir,” kata dia.
Julian termasuk meyakinkan klaim asuransi mampu saja ditolak. Hal ini disebabkan oleh pengemudi yang nekat mengendarai kendaraan waktu banjir.
“ Sudah mengetahui tersedia banjir, pelanggan senantiasa nekat menerobos banjir. Tentunya pihak asuransi dapat menampik klaim ini,” kata dia.
Julian buat persiapan call center Adira Care di nomor 1500 456 bagi pelanggan yang ingin melapor klaim asuransi atau permintaan perlindungan evakuasi kendaraan sepanjang 24 jam. Pihaknya termasuk sediakan layanan mobil derek, emergency road assistance, dan ambulans bagi pelanggan yang berada dalam suasana darurat di jalan.
“ Kami senantiasa membentuk tim tanggap bencana di Adira Insurance, khususnya menjelang musim penghujan. Tim tanggap bencana Adira Insurance dapat siap 24 jam untuk menambahkan perlindungan kepada pelanggan yang terkena bencana, khususnya bencana banjir yang tengah dihadapi waktu ini,” kata dia.
Bantuan utama berasal dari tim tanggap bencana Adira Insurance adalah mengevakuasi kendaraan pelanggan ke wilayah yang lebih safe dan juga perbaikan kendaraan atas kerusakan akibat banjir cocok jaminan yang tercatat di dalam polis. Selain itu, tim tanggap bencana Adira Insurance termasuk menambahkan perlindungan logistik bagi para korban banjir lewat posko-posko banjir yang ada.